Optimalisasi mesin G15A

Posted on Updated on

Perlu diketahui mesin G15A standar yang digunakan pada APV sebenarnya mempunyai karakter tenaga yang bengis, namun tak banyak orang yang mengetahuinya. Pertanyaan yang muncul selanjutnya ialah “adakah cara untuk mengeluarkan  tenaga mesin tersebut ?” jawabannya BISA, ada beberapa item pada mesin yang perlu anda ubah dan sebaiknya anda lakukan pada saat servis besar.

– mengganti oli mesin menggunakan jenis viskositas 10w-30 atau 5w-30, merk yang direkomendasi ialah Idemitsu ECO 10w-30 dan SGO 5w-30 (sudah pernah dicoba)

– ada 2 opsi mengenai penggantian oli transmisi & oli gardan :
* Opsi Bengkel Resmi Suzuki : menggunakan oli dengan viskositas 75w-90 untuk gardan & transmisi (penggantian oli mengikuti standar servis bengkel resmi / mengacu ke panduan servis pada buku manual kendaraan )
* Opsi Panji Auto : menggunakan oli shell spirax 80w-90 untuk gardan & shell spirax 75w-90 untuk transmisi (penggantian oli tiap kelipatan 100.000 KM ~ sudah dicoba di KR pribadi)

– setel klep untuk APV tipe I di 0.30 (transmisi manual) dan setel klep untuk APV tipe II di 0.15 (juga untuk APV tipe I bertransmisi otomatis)

– ganti busi dengan tip platinum ganda atau iridium, diketahui sejauh ini busi yang cocok digunakan ialah NGK BKR6-EGP dan Autolite APP3924. (keduanya menggunakan tip platinum)

– sangat disarankan mengganti filter udara standar dengan filter udara aftermarket semisal merk JFC atau SIMOTA, hal ini dikarenakan umur pakainya mencapai 8 kali yang lebih panjang dibanding filter udara standar.

– bila angka odometer pada mobil telah melewati KM 30.000 atau kelipatannya, sangat disarankan untuk segera menguras tangki BBM dan membersihkan pompa BBM, hal ini dikarenakan kualitas BBM di Indonesia yang mutunya kurang baik.

*jangan sampe kaya gini ya

sumber : jhariman.multiply.com
kuras tangki BBM 1
filter fuelpump assy.

Opsional
– mengganti ukuran ban ke 205/65/R15 (ugrade pelek terlebih dahulu bila anda memiliki APV dengan trim model GA, GE & GL)

– doping terakhir, menggunakan BBM dengan nilai RON 92 keatas bila ingin mobil anda lebih buas (khusus untuk APV tipe II / Arena sangat disarankan menggunakan Pertamax karena tingginya kompresi mesin ~ 9.5:1)

setelah hal tersebut diatas dilakukan, jangan kaget apabila mobil mendadak boros, hal ini disebabkan karena entengnya putaran mesin yang akhirnya secara tidak sadar mengakibatkan kaki sang supir untuk menginjak pedal gas lebih dalam, maka dari itu sekolahkan segera kaki kanan anda

2 thoughts on “Optimalisasi mesin G15A

    baa said:
    17 January, 2014 at 13:52

    Apakah tidak salah penggantian oli transmisi dan gardan tiap 100.000 km? Setahu ane disarankan antara 10.000 – 20.000 km?

    Rahmat said:
    11 April, 2016 at 12:21

    Suzuki apv jadi panas setelah setel klep

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s