Penyebab APV Limbung

Posted on Updated on

Beberapa rekan mengeluhkan APV kesayangannya yang limbung bila dikemudikan pada kecepatan tinggi (diatas 110 kpj), sayangnya mereka tidak menjelaskan secara detail kondisi yang mereka alami. Namun, banyak hal yang menyebabkan kendaraan menjadi limbung, antara lain :

  • bentuk / desain kendaraan
  • faktor ground-clearance kendaraan (tinggi/rendahnya kendaraan)
  • kondisi komponen suspensi
  • tekanan angin ban tidak seimbang
  • penempatan muatan / bagasi tidak seimbang
  • sebab lain.

Dilihat dari bentuknya yang kotak dan tingginya jarak antara badan mobil dengan jalan, APV jelas tidak didesain untuk dikemudikan pada kecepatan tinggi. Walaupun sanggup dipacu pada kecepatan tinggi, hal itu tergantung kepada nyali juga pertimbangan bijak dari sang supir. Juga harap diperhatikan, APV adalah kendaraan dengan tipe minivan / minibus yang notabene bukan kendaraan dengan performa tinggi seperti pada mobil sedan yang memiliki jarak rendah dengan jalan juga bentuk yang lebih aerodinamis.

Image may have been reduced in size. Click image to view fullscreen.

bentuk APV yang kotak tidak efektif dikemudikan pada kecepatan tinggi karena hambatan udara yang besar, kira-kira mirip seperti pada ilustrasi diatas.

Selain itu, tekanan angin ban yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan limbung. Pernah mendengar tentang kecelakaan yang diakibatkan oleh ban yang pecah ? Nah, salah satu faktor penyebab pecah ban itu dikarenakan oleh tekanan angin ban yang tidak sesuai, maka dari itu selalu perhatikan tekanan angin pada ban kendaraan anda. Periksa juga kondisi bagian suspensi pada kendaraan anda, apakah sudah waktunya mengganti peredam kejut (shock absorber / damper), periksa juga kondisi bushing pada komponen suspensi juga pada komponen setir semisal tie-rod.

Perhatikan juga pada segi penempatan barang di kendaraan anda, usahakan penyebaran berat yang seimbang di seluruh bagian kabin kendaraan agar traksi ban dan keluaran tenaga mesin tidak terganggu. Selain itu juga perhatikan penempatan barang bawaan bila menggunakan roof rack atau baggage/luggage rack seperti pada gambar dibawah ini.

Pada gambar tersebut, menggunakan luggage rack tentu merupakan solusi agar kabin kendaraan tetap lega, namun harap diperhatikan bobot bagasi yang anda simpan pada luggage rack tersebut menambah hambatan udara yang dilalui oleh kendaraan juga menambah beban pada kendaraan anda. Penggunaan luggage rack yang salah juga bisa melemahkan struktur atap pada kendaraan anda.

sumber foto : Google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s