Profil : Suzuki APV type. 1 A/T ( 2005 – 2007 ) – Part 2

Posted on Updated on

Menyambung pada bahasan sisi interior APV A/T yang lalu, tidak ada perbedaan lainnya seperti mobil dengan transmisi otomatis lainnya – APV A/T juga memiliki panel speedometer dengan indikator posisi transmisi dan indikator over drive, tuas transmisi dengan indikator posisi yang menyala saat lampu senja/utama mobil dinyalakan, dan peletakan saklar indikator pada panel dasbor yang sama dengan APV GX versi manual.

APV A/T type 1 indicator panel
APV A/T type 1 indicator panel

APV A/T juga memiliki fitur auto-dimmer lampu kabin yang sama seperti pada APV unit ekspor dan pada Suzuki Ertiga yang memiliki jeda saat pintu dikunci. Hal ini tidak Anda temui pada unit APV GX transmisi manual tipe 1 dan pada unit APV GX transmisi manual tipe 2 (APV Arena).

Rangka dan Transmisi

Pada sisi teknis, APT A/T identik dengan APV manual – memiliki konstruksi ‘body on frame’ atau yang lebih dikenal sebagai sasis tangga / ladder frame dipadu dengan konstruksi TECT khas Suzuki untuk kerangka kabin, konstruksi suspensi roda depan dengan MacPherson Strut dan per daun pada roda belakang, rem cakram berventilasi pada roda depan dan rem tromol (drum) pada roda belakang, serta mesin dengan kapasitas 1.5 liter (1493cc) dengan kode G15A SOHC 16 klep EPI dan masih merupakan varian dari mesin G16 1.6 liter seperti yang digunakan pada Suzuki Esteem GT 1.6, Suzuki Carry Futura, dan Suzuki Vitara – Escudo / New Escudo – Sidekick (VES), Chevrolet (Geo) Tracker, serta Mazda Levante. 

Part Marque
Part Marque

Dari sisi transmisi, APV A/T menggunakan unit transmisi buatan Aisin-Warner dengan kode AW03-72LE dengan Torque Converter dan TCM serta dikenal sebagai Toyota A44DE / A43DE. Aisin sendiri merupakan pabrikan transmisi ternama yang kini merupakan perusahaan subsider dari Toyota Group (Sekarang dikenal sebagai Aisin Seiki Co., Ltd.). Sedangkan BorgWarner merupakan pabrikan komponen transmisi ternama yang berasal dari Amerika Serikat dan masih memproduksi berbagai komponen transmisi dan turbocharger hingga TCM untuk berbagai pabrikan mobil lainnya seperti VW Group, Ford, PSA Peugeot Citroën, dan lain-lain.

Unit transmisi ini sama seperti yang digunakan pada Suzuki VES / Geo Tracker / Mazda Levante, Suzuki X-90, Isuzu Hi-Lander / Crosswind / Panther Touring, Toyota Cressida, Toyota Celica Supra, dan Mazda NB (Mazda MX-5 Miata Mk.2).

Sama seperti mobil dengan jarak gandar pendek lainnya, Suzuki APV A/T juga memiliki rotor gandar (drive shaft / propeller shaft / cardan shaft) yang pendek, hanya sekitar 40-60 cm dari ujung transmisi hingga gandar di roda belakang. Hal ini juga yang membuat distribusi berat pada APV A/T saat menikung tajam di kecepatan sedang lebih baik, serta secara keseluruhan membuat APV A/T lebih berat daripada APV versi transmisi manual.

APV A/T propeller shaft
APV A/T propeller shaft

 


Kelemahan dan Kekurangan

Layaknya benda buatan manusia lainnya, APV A/T dengan spesifikasi domestik Indonesia juga memiliki kelemahan dan kekurangan seperti :

  • Berat kosong kendaraan lebih besar dibandingkan dengan versi manual.
  • Tidak memiliki pedal mati sebagai penopang kaki kiri untuk menggantikan pedal kopling.

Selain itu juga tidak dilengkapi dengan ABS (Anti-locking Brake System) atau sistem rem anti-kunci sebagai sistem keselamatan aktif dan dual-SRS Airbag sebagai sistem keselamatan pasif seperti pada APV A/T atau APV transmisi manual versi ekspor.

 

Kesimpulan 

Demikian beberapa hal yang terdapat pada unit Suzuki APV A/T tipe 1 dan tidak Anda dapatkan dari unit Suzuki APV dengan transmisi manual dengan model trim yang sama sekalipun.

Terlepas beberapa kekurangan tertulis dan hal lainnya – penulis sebagai salah satu pemilik Suzuki APV berharap bahwa di model yang selanjutnya (APV tipe 3), PT. SIS memberi sistem keselamatan aktif – pasif standar seperti pada APV unit ekspor dan mungkin beberapa pengembangan lainnya seperti kapasitas mesin yang lebih besar untuk mengimbangi bobot rangka mobil, aplikasi pintu geser manual / elektrik dan mungkin perbaikan atau pemutakhiran pada sisi kepraktisan dan kenyamanan kabin dengan mengubah mekanisme lipat kursi, dan lain-lain.

 

 

*Foto milik pribadi | Properti kendaraan milik Pekunden*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s