About Suzuki APV

Suzuki APV (All-Purpose Vehicle menurut Wikipedia) adalah minivan produksi PT. Indomobil Suzuki Intl. yang pertama kali dirilis pada akhir tahun 2004. Kemunculannya didahului oleh produk tes suzuki yang didatangkan secara CBU untuk mengetahui animo masyarakat tentang desain minivan semi-bonnet, yaitu Suzuki Every yang telah dikenal di Jepang sebagai Suzuki Every Landy (sekarang Suzuki Every Wagon) dan berbagi emblem sebagai Mazda Scrum (dijual dengan merk Autozam). Suzuki Every sendiri termasuk kedalam jenis K-Car oleh regulasi dari Departemen Transportasi Jepang, namun Suzuki Every sendiri tak lain merupakan Suzuki Carry yang dibesarkan ukurannya untuk pasar ekspor.

pra-apv

PT. Indomobil Suzuki sayangnya hanya menjual unit Suzuki Every tersebut dalam jumlah terbatas, ditengarai ada sekitar 500 unit langsung terjual ludes dan 100 unit diantaranya sering terlihat di belantara lalu-lintas kota Jakarta. Awalnya bagi para penggemar minivan diperkirakan unit inilah yang akan menggantikan peran Suzuki Carry lawas yang telah lama hadir sejak dekade 1980-an di Indonesia, namun perkiraan hanya tinggal harapan saja.

Munculnya APV di akhir tahun 2004 banyak yang mencibir desain semi-bonnet yang terlalu kaku, bahkan terkesan seperti robot tapi bentuk akhir menyiratkan bahwa mobil ini seakan berbagi konsep dengan VW Bus Concept. Entah apa cerita dibalik hal tersebut tidak ada yang mengetahuinya tetapi pada akhirnya sambutan terhadap mobil ini terbukti baik hingga PT. Indomobil Suzuki sendiri telah mengekspornya ke negara-negara diluar ASEAN. Bermodal mesin G15A (spek Indonesia), karakter kendaraan ini cukup bandel dengan perbandingan transmisi yang pendek mobil ini termasuk handal dengan kemampuan menanjak. Namun sayang dengan bobot kosongnya yang berkisar 1.3 ton berakibat konsumsi bahan bakarnya tidak terlalu irit. Selanjutnya pada akhir 2007 suzuki mengeluarkan versi facelift dengan nama model Suzuki APV Arena yang dikenal di negara ASEAN sebagai APV Type II, dengan perubahan yang terjadi pada sektor mesin-interior-eksterior.

Perbedaan antara APV spek Indonesia dengan Versi ekspor terletak pada jenis mesinnya yang menggunakan mesin G16A seperti yang digunakan pada Vitara EPI, Escudo / Sidekick dan New Escudo 1.6. Selain itu kelengkapan di sisi keamanan dilengkapi dengan sistem ABS dan dual-SRS Airbag. Hingga saat ini, Suzuki APV diketahui telah di-ekspor ke negara ASEAN, Australia, India, Pakistan, Afrika Selatan, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

 

 

*kredit foto : Wikipeda & pemilik asli, diambil dari google